ORTASI 1 2018

ORTASI 1 2018


Ortasi merupakan tahapan awal dari jenjang pengkaderan bagi calon anggota Kopma Unand.  Kopma Unand biasanya  melaksanakan dua kali Ortasi dalam satu tahun. Dengan rasa syukur kami mengucapkan Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin karena telah terlaksananya Ortasi 1 2018 dengan mengusung tema "Menciptakan Generasi Baru Yang Kreatif dan Bertanggungjawab untuk Meningkatkan Kesejahteraan Koperasi". Ortasi 1 ini diikuti oleh 103orang peserta dengan 63 peserta yang lulus dan telah resmi dilantik.
Terdapat susunan panitia inti Ortasi 1 2018 kali ini yaitu :
Ketua                                       : M Agung Pratama
Sekretaris                        : Rahma Fitria
Bendahara                       : Radiatul Adawiyah
Koor. Acara                    : Nadiatu Khairani
Koor.Konsumsi               : Laury Afdika
Koor.Perlengkapan          : Ragil Anggoro
Koor.Pubdokmas             : Yogi Uli  Amri
Koor.Komdis                  : M Iqbal Razaq
Koor.Medis                     : Ririn Ariska
Koor. Kakak Asuh           : Hidayathul Hasanah.  

Kegiatan dari Ortasi 1 ini dimulai dengan Technical Meeting pada tanggal 20 April 2018 dan berakhir pada tanggal 10 Mei 2018.






     Kegiatan Ortasi 1 2018 ini resmi dibuka pada tanggal 21 April 2018 yang dibuka oleh Ketua Umum Koperasi Mahasiswa Universitas Andalas  yaitu Abdil Alamil Gusri, dimana pembukaan kali ini diadakan di Ruang Gedung G1.8. Adapun acara setelah pembukaan yaitu pengenalan dari tiap-tiap bidang di Kopma Unand yang disampaikan langsung oleh tiap-tiap Kepala Bidang. 


     Pada tanggal 22 April 2018 dilanjutkan pada rangkaian acara Forum Group Discussion, dimana FGD ini bertujuan meningkatkan skill berbicara dan pengetahuan peserta  Ortasi 1 2018 tentang gambaran Koperasi secara umum.


     Pada tanggal 27 April 2018 dilanjutkan dengan Malam Keakraban dengan rangkaian acara temu ramah dengan alumni dan senior KOPMA UNAND yang bertujuan untuk saling mengenal, lebih dekat, dan menjaga silaturahmi dengan baik. Selain itu juga ada penampilan bakat yang disuguhkan oleh para peserta Ortasi 1 2018 yang sangat menarik perhatian, dengan ini bakat para peserta Ortasi 1 2018 bisa disalurkan di KOPMA UNAND.


     Pada tanggal 29 April 2018 dilaksanakannya ujian tertulis, dimana ujian tertulis disini untuk mengetahui seberapa banyak ilmu dan pengetahuan yang didapatkan saat Ortasi berlangsung, ujian tertulis berlangsung kondusif. Sehabis ujian tulis telah usai dilanjutkan dengan presentasi Bussines Plan yang ditampilkan per-kelompok yang dimana Bussines Plan ini merupakan hasil dari pemikiran dari masing-masing kelompok peserta Ortasi.




     Pada tanggal 5 April dilaksanakannya Fun Cooking, dimana Fun Cooking bertujuan untuk melatih kreatifitas dan peluang bisnis pada peserta Ortasi. Peserta Ortasi diwajibkan membuat makanan atau minuman  yang unik dan langsung dijual pada warga sekitar lingkungan UNAND, dan alhamdulillah semua bentuk produk dagangan dari peserta Ortasi habis terjual.


     Pada tanggal 6 April 2018 merupakan acara penutup dari rangkaian acara Ortasi 1 2018, acara outbond ini bertujuan sebagai pengenalan bidang yang ada di KOPMA UNAND sekaligus memberikan pelajaran yang ada di alam.


Setelah  kelulusan peserta Ortasi 1 KOPMA UNAND telah diumumkan, maka pada tanggal 10 April 2018 dilaksanakannya pelantikan sebagai anggota aktif KOPMA UNAND, dimana harapannya peserta lulusan Ortasi 1 2018 merupakan kader-kader yang amanah dan bertanggung jawab untuk kemajuan Koperasi Mahasiswa Universitas Andalas nantinya. 


Komentar