Peran Generasi Milenial dalam Berkoperasi

Peran Generasi Milenial dalam Berkoperasi
Oleh Nur Azizah

Koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong. Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional. Koperasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian di Indonesia. Tetapi hingga saat ini koperasi belum mampu berkontribusi secara maksimal. Hal ini disebabkan karena kepercayaan masyarakat yang masih kurang dan sepertinya enggan bergabung dengan koperasi yang dinilai lambat oleh masyarakat jika dibandingkan dengan badan usaha lain. Padahal koperasi jika terus diberdayakan jelas mempunyai keuntungan yang lebih kuat jika Dibandingkan dengan usaha lain.

Dilansir dari antaranews.com peran generasi muda dalam pembangunan perkoperasian menjadi titik tolak upaya modernisasi koperasi yang syarat dengan penggunaan teknologi, seiring perubahan pola perilaku di masyarakat. Potensi generasi muda yang sangat besar perlu dibina dan dikembangkan dalam pelaksanaan transformasi koperasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, koperasi perlu melakukan inovasi dalam rangka memajukan pengembangan ekonomi dan mengembangkan kreatifitas generasi milenial dalam berkoperasi. Serta koperasi harus mampu beradaptasi di tengah perubahan yang sangat pesat. Hadirnya koperasi sangat membantu mempersiapkan generasi yang matang teknologi serta matang dalam mengelola keuangan.

Salah satu langkah awal koperasi untuk merangkul para milenial adalah dengan memghilangkan stigma mengenai koperasi. Selama ini banyak masyarakat dan milenial menganggap koperasi sebagai lembaga simpan pinjam. Namun, jika dikelola dengan benar koperasi dapat menjadi institusi yang modern dan bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman.

Melalui wadah koperasi dapat dipastikan para generasi muda dapat lebih mudah mengembangkan sebuah usaha. Hal ini dikarenakan koperasi akan menjadi alternatif untuk masyarakat dalam berbelanja, bahkan mampu bersaing kembali.

Komentar