Hari Koperasi Nasional 2023

Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-76
Oleh : Nur Azizah

Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional atau yang biasa disebut Harkopnas. Tahun 2023 merupakan perayaan Harkopnas ke-76, serta mengusung tema “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri,Modern, dan Berdigital. Hari Koperasi di Indonesia pertama kali ditetapkan pada tanggal 12 Juli 1947 yang merupakan keputusan dari penyelenggara Kongres Koperasi I.

Dilansir dari detik.com Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Koperasi Nasional berbeda-beda setiap tahunnya.

Tema yang diangkat tahun ini sejalan dengan gerakan ‘Bangga Berkoperasi, Indonesia maju dalam rangka mendukung Program Revolusi Mental pemerintah yang bertujuan mengembalikan orientasi pembangunan ekonomi yang mengedepankan rakyat. Peringatan Hari Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan semangat goyong royong di masyarakat untuk memperkuat ekonomi rakyat. Selain itu peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya koperasi di Indonesia.

Puncak acara Hari Koperasi Nasional diadakan di dua tempat, yaitu Jakarta dan Jayapura. Hari Koperasi Nasional Indonesia adalah organisasi ekonomi yang berwatak sosial, beranggotakan orang, badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Logo Hari Koperasi Nasional pun resmi diluncurkan, membawa nuansa dua provinsi sekaligus yaitu Jakarta dan Jayapura. Monas dan Burung Cendrawasih menambah kesan yang indah pada Logo Koperasi Indonesia kali ini.
Logo Hari Koperasi Nasional 2023. Sumber : Pngtree

Rangkaian acara puncak berlangsung di Jakarta pada tanggal 12 Juli serta akan diadakan acara besar di Papua pada tanggal 25-30 Juli 2023 yang merupakan pagelaran Budaya Nusantara sebagai simbol Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan diadakannya perayaan Hari Koperasi Nasional di Jakarta dan Jayapura agar mendorong pemerataan pertumbuhan dan pengembangan Koperasi di Timur Indonesia. 

Komentar